Berita Terbaru: Teknik DDoS Attack Sekarang 2023

Berita Terbaru: Teknik DDoS Attack Sekarang 2023

Serangan DDoS adalah teknik penyerangan yang mempunyai banyak cara sederhana, seperti menggunakan virus, botnet, dan perangkat lunak yaitu RailGun.

  • Botnet
Pada pengembangannya, serangan DDoS dilakukan dengan bantuan kumpulan bot yang dijalankan secarabersama-sama. Bot disisipkan pada malware yang kemudian di tanam ke komputer yang terhubung ke jaringan internet.

Jumlah komputer ini bisa puluhan sampai dengan jutaan, tergantung banyaknya komputer yang telah terinfeksi malware. Semua komputer ini dinamakan dengan botnet, sedangkan satu komputer yang terinfeksi dinamakan dengan komputer zombie.

Hanya menggunakan satu perintah saja, botnet langsung menjalankan perintah untuk melakukan DDoS ke komputer target dalam waktu bersamaan.

  • Virus
Di internet, seseorang yang berencana melakukan DDoS adalah dengan menyebarkan virus melalui file yang dibagikan ke berbagai situs yang terhubung dengan internet. Virus sengaja diciptakan salah satunya adalah untuk menjalankan bot melalui script yang berjalan pada sistem operasi. Bahkan beberapa virus dapat mengambil hak akses dari perangkat yang sudah mengunduh script dan dijalankan pada sistem operasi.

Saat komputer sudah terinfeksi virus DDoS, sebuah virus akan secara aktif melakukan serangan DDoS ke server atau ke alamat IP tertentu yang sudah ditentukan.


Ciri Website Anda Terkena DDoS

Bandwidth mengalami lalu lintas yang sangat padat secara drastis baik download atau upload. Terjadi tiba – tiba dan berlangsung secara terus menerus. Jika target adalah VPS, bisa jadi konsumsi bandwidth akan mencapai batas penggunaan sehingga VPS tidak bisa diakses.

Load CPU menjadi sangat tinggi padahal tidak ada proses yang dieksekusi yang mengakibatkan kinerja menjadi menurun sampai dengan website tidak bisa diakses.

Jika sistem Anda berada pada penyedia layanan VPS, terkadang ada yang menyediakan layanan informasi jika sewaktu-waktu terjadi aktivitas mencurigakan pada server. Anda juga bisa mengaturnya sendiri.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan DDoS yang membuat sistem berhenti bekerja.

Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru. Hal ini bertujuan untuk mengatasi menutupi bagian-bagian rentan yang bisa saja dijadikan pintu masuk akses ilegal.

Membatasi akses dari dan ke sistem sehingga bisa menyaring trafik data yang masuk dan keluar pada komputer atau server yang Anda gunakan.

Jika serangan yang terjadi menggunakan Smurf, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara mematikan sementara broadcast address pada router.

Bisa juga dengan melakukan penyaringan atau membatasi permintaan ICMP pada firewall.

Menggunakan perangkat lunak keamanan tambahan untuk sistem.
Cara Mengatasi DDoS
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika website atau sistem terkena DDoS. Berikut ini beberapa tips keamanan website yang bisa Anda coba:

Melakukan Identifikasi Serangan, biasanya jika Anda mempunyai server sendiri, tanda-tanda jika sedang terjadi serangan DDoS akan terlihat. Jika dikethui maka Anda bisa bersiap-siap melakukan penanganan sebelum terjadi serangan DDoS yang lebih serius.

Mempertahankan Parameter Network, ada beberapa langkah teknis yang dapat diambil untuk mengurangi sebagian efek dari serangan, dan beberapa diantaranya cukup sederhana. Misalnya anda dapat:

Memperbesar Bandwidth, jika masih bisa melakukan pelebaran bandwidth, cara ini bisa dicoba untuk memberikan waktu agar sistem tidak sampai down. Jika serangan DDoS terlalu besar maka cara ini mungkin tidak akan berpengaruh banyak untuk penanganan.

Menghubungi ISP atau penyedia layanan web hosting, salah satu ciri serangan DDoS adalah menyerang alamat ip dari sistem, sehingga Anda bisa melaporkan kejadian tersebut kepada penyedia jasa internet yang dipakai dan mendeteksi serangan yang terjadi.

Menghubungi Spesialis DDoS, langkah terakhir yang bisa diambil adalah dengan menghubungi layanan spesialis DDoS yang bisa mencoba membantu Anda untuk menangani serangan yang terjadi.

Kesimpulan
DDoS adalah teknik penyerangan pada sistem yang sangat populer digunakan. Selain sederhana, dengan modifikasi strategi, DDoS bisa menjadi teknik yang sangat ampuh untuk meenggantu sistem.

Ada beberapara cara melakukan DDoS seperti menggunakan request flooding dan traffic flooding. Kedua cara ini mempunyai kesamaan yaitu membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data atau request. Jika berhasil maka pengguna lain akan kesulitan untuk melakukan akses ke sistem dan bisa jadi mengakibatkan sistem rusak dan tidak bisa diakses.

Tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sistem bermasalah saat diserang oleh DDoS. Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru adalah cara mencegah DDoS menyerang melalui celah yang ada pada sistem operasi. Selain itu melakukan konfigurasi pada firewall sehingga bisa memblokir akses yang mencurigakan yang bisa terjadi akibat percobaan DDoS.

Namun yang tak kalah penting, sedari awal Anda juga harus menggunakan layanan hosting website gratis domain murah terbaik. Sebab, penyedia hosting terbaik pasti memberikan fitur keamanan pencegah Ddos yang ampuh. Seperti Niagahoster yang membekali hostingnya dengan Imunify360 untuk mencegah serangan Ddos dan malware.

BUKAN SEO PBN BOS! WKWK

Comments

Popular posts from this blog

Hot News: Pengertian DDoS Attack dan Bagaimana Menanggulanginya Untuk Sekarang ?

Cara Instal SSL di Hosting (Gratis dan Berbayar) Terbaru dan Terupdate 2023 Hari ini